Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam kajian linguistik bidang Islamic Studies berkelas Internasional dan berbasis pada nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Visi akan dicapai pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan program-program akademik di lingkungan PS Bahasa dan Sastra Arab yang berkualitas.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa, serta mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik, sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan pemerintah maupun swasta di tingkat nasional maupun internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

  1. Mampu mengembangkan kompetensi SDM profesional di bidang linguistik dan sastra arab
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran di bidang linguistik dan sastra arab.
  3. Memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan semua sumber daya yang relevan.
  4. Memberikan layanan kepakaran kepada masyarakat dalam pengembangan di bidang keilmuan bahasa arab dan hal-hal yang terkait dengan ilmu-ilmu keislaman.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi Bahasa dan Sastra Arab di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional dengan melakukan program nyata dalam rangka mencerdaskan bangsa.

Prospek Belajar di Jurusan

Lulusan program ini memiliki peluang kerja yang bagus, terutama di Departemen Luar Negeri, Agama, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pendidikan Nasional), LIPI, Penerbit Buku, Media Masa, serta LSM.